Jalanan Berbagi

Apa sih Jalanan Berbagi?

Yang udah pernah ikut jalanan berbagi 2013 dan jalanan berbagi 2014 pasti pengen ikutan lagi? Iya kan? Hayoo ngaku? Hehehe.

Ah Jalanan berbagi itu semacam wisata rohani yang menyejukan dan menenangkan. Setiap ikut jalanan berbagi pasti ada aja rasa haru bahagia, entah itu setetes air mata dari kakak-kakak RMP, Kakak-kakak volunteer, adik-adik asuh RMP bahkan oma-oma dan adik-adik sasaran kunjungan. Jadi, Jalanan berbagi itu apa?

Kegiatan Jalanan Berbagi itu salah satu kegiatan tahunan yang diadakan Komunitas Rumah Merah Putih di bulan Ramadhan dan terbuka untuk umum bagi yang ingin turut berpartisipasi. Kegiatan ini punya tujuan mulia sekali yaitu pengen menumbuhkan rasa peduli dalam diri adik-adik binaan Rumah Merah Putih terhadap sesama. Jadi, sekitar 40 adik binaaan RMP akan terjun langsung berbagi, intinya kami mau mengajarkan bahwa tangan diatas jauh lebih baik dari tangan di bawah.

Kegiatan Jalanan berbagi udah berlangsung dua tahun berturut-turut yaitu pada tahun 2013 dan 2014. Nih kami bocorin kegiatan #Jalber2013 bagi yang belum pernah ikutan:

  1. Bakti sosial dengan ngadain pembagian sembako dan keperluan pribadi ke oma dan opa di panti werdha empang, selain baksos ada games yang melibatkan penghuni panti dengan adik-adik binaan Rumah Merah Putih. Kebayang kan gimana hebohnya adik-adik binaan yang masih berusia 7 sampe 14 tahun ketemu oma opa? Seru bingiiiits. Saking serunya sampai kita lupa waktu udah jam pulang. Pamitan adalah momen mengharukan, mungkin karena jarang adik-adik usia segitu berkunjung ke oma dan opa di panti jompo sampai-sampai oma opa ada yang netesin air mata :,(
  2. Bakti sosial dengan mengadakan pembagian alat tulis dan uang saku ke adik-adik panti asuhan di ciomas, selain itu juga ada games seru yang melibatkan penghuni panti dengan adik-adik binaan Rumah Merah Putih.
  3. Dan taraaa…. Yang terakhir yaitu ada buka bersama di Kedai Kojo. Sambil nunggu bedug magrib adik-adik RMP Leyeh-leyeh nonton film di kedai kojo, lanjut buka bersama deh. Makasih ya mamang-mamang kedai kojo yang mau direpotkaaan, terharuuuu :)

 

Jalber 2013

Nah, Karena kesuksesan kegiatan jalanan berbagi 2013, maka tahun 2014  kami mengadakan acara serupa. Kegiatan dan tujuannya gak jauh beda dengan tahun 2013. Yang membedakan yaitu sasarannya dan volunteer yang ikutan lebih ramee gaes, ada yang dari Jakarta, depok, Bekasi, bogor. Jadi, selain wisata rohani juga bisa nambah kawan, sahabat, atau mungkin ada yang cinlok setelahnya (ini terjadi, ssst tapi diem2 ajah ya), *ehh, haha

Kalau #Jalber2013 kita sewa mobil untuk transportasi, nah #Jalber2014 kita sewa 1 bus gedee buat transportasi. Itupun masih nggak muat, masih ada beberapa kakak volunteer yang konvoi naik mobil.  Di #Jalber2014 ini ada peraturan baru, satu kakak volunteer yang udah daftar resmi ke panitia RMP akan bertugas menemani satu hari full kegiatan dengan dua adik RMP. Kegiatannya apa aja sih di #Jalber2014 :

  1. Kunjungan pertama ini sama banget dengan kunjungan #Jalber2013 yaitu baksos di Panti Werdha, di daerah Empang, Bogor. Adik- adik RMP sudah kangen ternyata sama oma opa di sana, pas baru sampe langsung deh ada adik yang sudah siapin puisi untuk oma, ada beberapa adik-adik RMP yang ngajak oma-oma berdansa dan bergoyang sambil dengerin lagu-lagu nostalgia koes plus bahkan ada oma yang semangat pengen nyanyi lagu dangdut. Seru bangeeeeeeet, tapi menit-menit keseruan itu hilang karena jam kepulangan. Kami harus pamit, suasana haru pun tiba. Kami, kakak volunteer dan adik-adik RMP berpamitan sambil menyerahkan peralatan ibadah ke oma. Karena ada beberapa oma yang harus full bed rest, kami pun berkeliling satu-satu ke kamar oma-oma. Ah terharu sekali, “ nenek senang sekali, ada kalian yang berkunjung. Kalian anak-anak kecil yang pintar”, kata salah satu oma sambil mengelap air mata.

Oh ya, selain peralatan sholat kami juga melakukan baksos sembako ke panti tersebut. Semua ini tidak akan terlaksana tanpa bantuan kakak-kakak donatur, Ah ALLAH akan membalas kalian semua dengan amalan baik berlipat-lipat, Aamiin.  Nih hasil dari donatur yang baiknya super duper baik sekali, Beras 1 karung (isi 50 kg), Telor 1 peti, Minyak goreng 1 drigen ( 16 Kg), Sarung 12 Pcs setiap oma dan opa mendapat susu Anlene, Mukena (untuk oma), Sarung (untuk opa).

  1. Kunjungan kedua adalah baksos di Wisma Tuna Ganda, di daerah Cimanggis depok. Disini, adik-adik yang tadinya cerewet, rame, banyak ulah, mondar- mandir langsung mendadak diam. Nah lho? Ada apa?

Jadi, di panti ini adik2 kami akan bertemu dengan penghuni panti yang kondisinya harus diam di tempat tidur karena keterbatasan fisik dan mental.  Secara bergantian, adik-adik ditemani dengan kakak-kakaknya berkunjung dari satu kamar ke kamar yang laennya dengan membawa kue dan snack untuk dibagikan ke penghuni panti yang mempunyai usia beragam dari 6 tahun hingga 30 tahun. Entah apa yang adik-adik kami pikirkan, membuat semuanya lebih tenang dan mata mereka mengisyaratkan sebuah pengharapan, entah apa.

Semoga dengan kunjungan dan baksos di panti ganda ini bisa membuat adik2 RMP merasa lebih bersyukur, lebih semangat belajar dan tidak putus asa mengejar mimpi. Kami mengajarkan juga ke adik-adik kami bahwa jangan selalu melihat keatas, sekalikali tengok ke bawah, disana ada yang jauh tidak lebih beruntung dari kalian yang masih sempurna kondisinya baik fisik atau mental. Mereka saja masih semangat untuk terus menebar senyum, menyapa setiap yang berkunjung dengan keterbatasannya dan yang pasti beberapa ruangan kelas di panti itu menunjukkan bahwa mereka masih semangat belajar.  Nah ini juga donasi dari donatur yang baik sekali yaitu pampers anak dan pampers dewasa, pembalut, Piring plastic, Minyak kayu putih, Bedak bayi dan pelatan kebersihan.

Setelah mendengar Adzan magrib berkumandang, adik-adik binaan RMP, kakak volunteer, kakak RMP dan ibu bapak karyawan di panti tersebut berbuka bersamaaa. Alhamdulillaaah Nikmat sekali,

FPSJt14DERQhe2OkA4FY4Hyf2F4tJBTAMvKkI-gL4jk

rcJCcFK1XTGtFEINVUF8a_oXNip10Tv_iXofGFEgBlk (1)

OR2LfinnxlI-yoJACmGgLcLXIcEWv2mU0456zevo-AE

Bsas3YNCQAA1IkN

Kembali ke bus, mari pulang ke Bogor Lagi! Ketika pulang naek bus, di sepanjang perjalanan sudah terlihat lelah dan letih adik-adik RMP namun mereka semangat lagi ketika kami mengumumkan ada THR yang dibagikaaan. Yeeee, jadi masing-masing adik RMP dapat satu amplop THR.

“Yesss kak, aku mau beli sepatu ah buat sholat idul fitri” kata salah satu adik RMP

BsaEQAQCMAAMQ5G

Terimakasih kakak donatur, kakak Volunteer. Sampai jumpa di #Jalber2015 yang lebih seru lagi ya :)

 

Info Lebih Lanjut? :)

  • Pendaftaran Volunteer?
  • Permintaan LPJ Proposal kegiatan?
  • LPJ dan Dokumentasi kegiatan tahun-tahun sebelumnya?

Sila kontak Kak Maqqi ya! : 083815200735

 

Rekening Donasi Rumah Merah Putih

Bank Syariah Mandiri 7054457124
a.n. Aulia Rizqi Nur Abidi

 

Leave a Reply